Kesbangpol Konawe Selatan Mulai Lakukan Seleksi Paskibraka

Proses seleksi dibuka oleh Asisten I Setda Konsel Amran Aras, didampingi Kepala Badan Kesbangpol Taufiq Amin Lar, Kasat Pol-PP Ivan Adriansyah, bertempat di Aula Kesbangpol, Jumat (8/3/2024). Foto: Ist

KONSELLINGKARSULTRA.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) resmi membuka seleksi peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten I Setda Konsel Amran Aras, didampingi Kepala Badan Kesbangpol Taufiq Amin Lar, Kasat Pol-PP Ivan Adriansyah, dan sejumlah Purna Paskibra. Bertempat di Aula Kesbangpol, Jumat (8/3/2024).

Kepala Kesbangpol Taufiq Amin Lar mengatakan seleksi Paskibra tahun 2024 ini berbeda dengan tahun-tahun kemarin. Yakni seleksi secara online.

Sebelumnya kata dia telah mengirimkan surat ke sekolah-sekolah menengah yang ada di Kabupaten Konawe Selatan. Mulai dari SMA, SMK dan Aliyah,” ungkap Taufiq sapaan akrabnya.Mantan Kabag Humas Setda Konsel ini, menyebut dari hasil tes ke setiap sekolah, pihaknya telah menjaring sebanyak 111 peserta. Dimana lanjut dia, nantinya akan mengerucut ke 75 peserta dan 5 orang diantara sebagai cadangan.

“5 orang cadangan nantinya akan kita dorong untuk mengikuti seleksi di Provinsi Sulawesi Tenggara hingga pusat sebagai perwakilan Kabupaten Konsel,” ujarnya.

Mantan Camat Kolono itu menambahkan seleksi tersebut dilakukan secara berjenjang sesuai arah BPIP (Badan Pembina Ideologi Pancasila) untuk pedoman pendaftaran, terkait alur seleksi setelah proses pendaftaran dan seleksi administrasi, dilanjutkan 4 tahapan lainnya.

“Seperti seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan serta intelegensia umum.
Usai kegiatan pembukaan hari ini kami lanjutkan tahapan pemeriksaan kesehatan,” tutupnya.

Laporan: Lan